Konsultasi Statistik Uji Normalitas

Distribusi normal memodelkan fenomena kuantitatif pada ilmu alam maupun ilmu sosial. Beragam skor pengujian psikologi dan fenomena fisika seperti jumlah foton dapat dihitung melalui pendekatan dengan mengikuti distribusi normal. Distribusi normal banyak digunakan dalam berbagai bidang statistika, misalnya distribusi sampling rata-rata akan mendekati normal, meski distribusi populasi yang diambil tidak berdistribusi normal. Distribusi normal juga banyak digunakan dalam berbagai distribusi dalam statistika, dan kebanyakan pengujian hipotesis mengasumsikan normalitas suatu data.
Uji normalitas adalah untuk mengetahui apakah distribusi sebuah data mengikuti atau mendekati distribusi normal, yakni distribusi data yang mampunyai pola seperti distribusi normal (distribusi data tersebut tidak menceng ke kiri atau ke kanan). 
Berikut ini akan dibahas mengenai uji normalitas yang dilakukan dalam perhitungan statistik.
Anggap saja kita telah mempunyai data tabulasi dari hasil kuesioner
Kemudian kita copy kolom jumlah dari tiap variabel ke lembar kerja SPSS seperti berikut :


Langkah selanjutnya yaitu buat terlebih dahulu unstandardized residual dengan cara sebagai berikut :


Maka akan tampil sebagai berikut :


Setelah itu kita pindahkan variabel Y ke bagian Dependent dan variabel X1, X2 dan X3 kita pindahkan ke bagian Independent(s), setelah itu pilih tombol save maka akan tampil sebagai berikut :


Pada bagian Residuals kita lakukan ceklis pada Unstandardized kemudian klik tombol Continue dan klik tombol OK.maka akan muncul variabel baru (kolom baru) dengan nama RES_1


Jika langkah tersebut telah dilakukan maka selanjutnya kita pilih menu Analyze > Nonparametic tests > 1-Sample K-S seperti pada gambar dibawah ini :


Selanjutnya akan tampil gambar seperti dibawah ini :


Selanjutnya kita masukkan variabel unstandardized residual ke kotak Test Variable List seperti gambar diatas, kemudian pada Test Distribution centang (ceklis) Normal, kemudian klik tombol OK, maka hasilnya akan tampil sebagai berikut :


Berdasarkan tabel uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov Test diperoleh nilai Kolmogorov Smirnov Z sebesar 0,727 dan Asymp.sig. sebesar 0,667 lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan data berdistribusi Normal.
Demikian pembahasan mengenai uji normalitas semoga bermanfaat
0 Komentar untuk "Konsultasi Statistik Uji Normalitas"

 
Copyright © 2014 Jasa Hitung Statistik - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info Published By : Jasa Hitung Statistik
--------------------------------- ----------------------------------