Konsultasi Statistik Uji Linieritas

Uji linearitas bertujuan untuk mengetahui apakah setiap variabel mempunyai hubungan yang linear atau tidak secara signifikan dengan variabel yang lain. Menurut Sudjana (2003:331) “Uji linieritas dimaksudkan untuk menguji linier tidaknya data yang dianalisis".
Berikut ini akan dibahas mengenai perhitungan uji linearitas yang dilakukan dalam penelitian Skripsi (S1) dan Tesis (S2), pada pembahasan ini kita akan membahas uji linearitas 4 variabel yaitu X1, X2, X3 dan Y, nama variabel dapat disesuaikan dengan penelitian anda.

jasahitungstatistik.com Konsultasi Statistik Uji Linearitas

Pada tabel dibawah terdapat 20 orang responden dengan masing-masing pertanyaan tiap variabel adalah 10 pertanyaan.
Setelah kita mendapat data tabulasi hasil kuesioner tersebut, sekarang kita lakukan copy hanya pada kolom jumlah dari setiap variabel, mulai dari variabel X1, X2, X3 dan Y dan kita lakukan paste di lembar kerja SPSS gambarnya seperti berikut :

jasahitungstatistik.com

Jika langkah diatas telah dilakukan, selanjutnya kita pilih menu Analyze > Compare Means > Means seperti pada gambar dibawah ini :

jasahitungstatistik.com

Selanjutnya akan tampil seperti pada gambar dibawah ini :

jasahitungstatistik.com

Pindahkan variabe Y ke bagian Dependent List dan untuk variabel X1, X2 dan X3 pindahkan ke bagian Independent List, kemudian klik tombol Options dan akan muncul tampilan sebagai berikut :

jasahitungstatistik.com

Jika sudah tampil seperti pada gambar diatas, ceklis untuk Anova table and eta dan ceklis pada Test for linearity dan klik tombol Continue dan klik tombol OK, maka akan tampil output seperti pada gambar dibawah ini :

Hubungan Y dengan X1
jasahitungstatistik.com

Hubungan Y dengan X2
jasahitungstatistik.com

Hubungan Y dengan X3
jasahitungstatistik.com


Berdasarkan hasil tabel-tabel variabel diatas kita buat rekafitulasinya seperti berikut agar lebih memahami hasil outputnya :

jasahitungstatistik.com

Berdasarkan tabel diatas, dapat diketahui bahwa nilai signifikansi kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan antara variabel Y dengan X1, X2 dan X3 mempunyai hubungan yang linear.

Demikian pembahasan mengenai uji linearitas pada penelitian, semoga dapat bermanfaat khususnya bagi mahasiswa S1 dan S2 yang sedang melakukan penelitian yang berkaitan dengan perhitungan statistik uji linearitas. 
Jika anda membutuhkan jasa perhitungan statistik dari kami silakan kunjungi Form Jasa atau dapat mengunjungi Facebook kami
0 Komentar untuk "Konsultasi Statistik Uji Linieritas"

 
Copyright © 2014 Jasa Hitung Statistik - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info Published By : Jasa Hitung Statistik
--------------------------------- ----------------------------------