Cara Pembuatan Kuisioner Penelitian

Pada kesempatan ini kita akan menjelaskan mengenai pembuatan kuesioner di dalam penelitian, fungsi dari pembuatan kuesioner adalah sebagai alat pengumpulan data untuk mengetahui seberapa besar tanggapan responden terhadap penelitian yang kita lakukan, Cara membuat kuesioner biasanya melihat dari operasionalisasi variabel berdasarkan indikator yang akan dibahas pada penelitian.
Berikut akan dijelaskan mengenai cara pembuatan kuesioner berkaitan dengan Variabel penelitian

jasahitungstatistik.com/
Sumber Gambar : www.liputan6.com
Kita ambil contoh kasus, misalkan kita sedang melakukan penelitian mengenai pengaruh Pendidikan dan Pelatihan yang disebut dengan (Variabel X), terhadap Kinerja kita anggap sebagai Variabel (Y), maka untuk Operasionalisasi Variabel nya kita buat seperti ini :

Variabel
Sub Variabel
Indikator
Skala
Pendidikan dan Pelatihan (X)

Iwan Purwanto
(2002:70-72)

1.   Proses Pembelajaran







2.   Kemampuan Instruktur











3.   Lingkungan Belajar
a.   Tujuan Pembelajaran,
b.   Fasilitas dan Sarana Pembelajaran,
c.   Materi Pembelajaran,
d.   Metode Pembelajaran,
e.   Evaluasi Pembelajran .


a.   Pemahaman tujuan pembelajran,
b.   Penguasaan materi pembelajaran,
c.   Pemahaman penggunaan media,
d.   Perilaku instruktur,
e.   Penguasaan metode pembelajaran,
f.    Kemampuan evaluasi.


a.  Keteraturan pelatihan,
b.  Fasilitas dan sarana pelatihan,
c.  Keterampilan yang diberikan,
d.  Waktu yang diberikan,
e.  Hubungan antara peserta dengan
instruktur,
f.   Hubungan antara peserta dengan peserta.
Ordinal




Ordinal







Ordinal

Kinerja (Y)
Menurut PP No. 43 Tahun 1999
a.   Kesetiaan
·      Mempelajari
·      Memahami
·      Mengamalkan
Ordinal
b.   Prestasi Kerja
·      Kecakapan
·      Keterampilan
·      Pengalaman
·      Kesungguhan
Ordinal
c.   Tanggung jawab
·      Kesanggupan
·      Tepat waktu
·      Berani memikul resiko
Ordinal
d.  Ketaatan
·      Kesanggupan
·      Mentaati perintah kedinasan
Ordinal
e.  Kejujuran
·      Ketulusan
·      Kesanggupan tidak menyalahgunakan wewenang
Ordinal
f.   Kerjasama
·      Kesanggupan bekerja sama
Ordinal
g.  Prakarsa
·      Mengambil keputusan
·      Melaksanakan tugas pokok
Ordinal
h.  Kepemimpinan
·      Kemampuan untuk meyakini orang lain sehingga dapat dikerahkan
Ordinal

Maka untuk pembuatan kuesioner, kita buat format sebagai berikut untuk contoh kuesioner nya.

Contoh Kuesioner
Penelitian ini ditujukan untuk penyusunan skripsi yang merupakan syarat dalam meraih gelar Sarjana untuk jenjang studi S1. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap Kinerja Pegawai Pada PT ABC Kabupaten ABC. 
Demi tercapainya tujuan penelitian ini, kami memohon kesediaan Bapak/Ibu/Saudara untuk membantu penelitian ini dengan memberikan jawaban pada item-item pertanyaan yang telah disediakan sesuai dengan keadaan sebenarnya. Cara pengisian jawaban adalah dengan member tanda √ pada jawaban yang sesuai dengan pengalaman responden. Adapun item jawaban yang tersedia adalah :
SS : Sangat Setuju
S : Setuju
KS : Kurang Setuju
TS : Tidak Setuju
STS : Sangat Tidak Setuju

Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bapak/Ibu/Saudara untuk membantu penelitian ini dan apabila ada sikap kami yang kurang berkenan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

                                                                                                            Bandung, ……………………
                                                                                               Peneliti



                                                                                                (____________________)

DAFTAR PERTANYAAN

I. Identitas Responden
Nomor Responden :
Jenis Kelamin         :
Usia         :
Pendidikan :
Lama Menjadi Pegawai :
Pangkat/Golongan

II. Pengisian Kuesioner
Mohon diisi dengan memberi tanda √ jawaban yang sesuai dengan pengalaman anda

III. Pengisian Kuesioner
Mohon diisi dengan memberi tanda √ jawaban yang sesuai dengan pengalaman anda

Simbol
Kategori
Nilai/Bobot
SS
Sangat Setuju
5
S
Setuju
4
KS
Kurang Setuju
3
TS
Tidak Setuju
2
STS
Sangat Tidak Setuju
1

  1. Pendidikan dan pelatihan/Diklat (X)

No
Pernyataan
SS
S
KS
TS
STS
1
Proses diklat dilakukan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan organisasi





2
Fasilitas dan sarana diklat telah sesuai dengan yang diharapakan oleh pegawai yang megnikuti diklat





3
Materi pembelajaran yang diberikan  oleh instruktur telah sesuai dengan yang diharapkan oleh pegawai





4
Metode pembelajaran diklat yang diberikan instruktur telah sesuai dengan yang diharapkan oleh pegawai





5
Proses evaluasi pembelajaran yang ditentukan instruktur telah sesuai dengan aturan diklat yang diharapkan organisasi





6
Instruktur diklat wajib memahami tujuan pembelajaran dalam diklat organisasi





7
Instruktur wajib menguasai materi diklat yang diberikan pada pegawai yang mengikuti diklat





8
Proses diklat wajib didukung dengan media yang dapat dipahami peserta diklat





9
Perilaku instruktur seharusnya dapat menjadi panutan bagi peserta diklat





10
Dalam hal Penguasaan metode pembelajaran diklat instruktur wajib menguasai metode pembelarajan yang telah ditentukan





11
Instruktur harus mempunyai kemampuan dalam melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang diberikan





12
Keteraturan pada proses pelatihan harus menjadi pedoman dalam pembekalan diklat pegawai





13
Fasilitas dan sarana pelatihan diklat harus memadai bagi peserta diklat





14
Keterampilan yang diberikan harus sesuai dengan anjuran dari organisasi





15
Waktu yang diberikan harus sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan





  
  2. Kinerja (Y)

No
Pernyataan
SS
S
KS
TS
STS
1
Pegawai dapat mempelajari tugas yang diberikan organisasi





2
Pegawai dapat memahami tugas dan fungsi yang diberikan organisasi





3
Pegawai dapat mengamalkan ilmu yang diberikan kepada pegawai lain





4
Pegawai mempunyai keterampilan dalam mengerjakan tugas





5
Pegawai mempunyai pengalaman yang cukup dalam mengerjakan tugas





6
Pegawai mempunyai kesungguhan dalam mengerjakan tugas





7
Tepat waktu dalam mengerjakan tugas yang diberikan organisasi





8
Pegawai harus berani menanggung resiko pekerjaan yang diemban





9
Pegawai harus sanggup mengerjakan tugas apapun yang diberikan organisasi





10
pegawai wajib mentaati peraturan kedinasan





11
pegawai wajib untuk tidak menyalahgunakan wewenang





12
Pegawai harus bekerjasama dengan pegawai yang lain





13
pegawai harus berani mengambil resiko pekerjaan





14
Pegawai wajib melaksanakan tupoksi dari organisasi





15
Pegawai harus dapat meyakinkan orang lain supaya dapat menghasilkan kinerja yang baik







Untuk jumlah pertanyaan silakan disesuaikan dengan penelitian yang akan dilakukan
Demikian contoh pembuatan Kuesioner dalam penelitian, semoga bermanfaat.
Jika anda membutuhkan jasa perhitungan dari kami silakan kunjungi form berikut Form Order
Atau kunjungi Facebook Yopi Hidayatul Akbar
0 Komentar untuk "Cara Pembuatan Kuisioner Penelitian"

 
Copyright © 2014 Jasa Hitung Statistik - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info Published By : Jasa Hitung Statistik
--------------------------------- ----------------------------------