Pada kesempatan ini kita akan menjelaskan mengenai pembuatan kuesioner di dalam penelitian, fungsi dari pembuatan kuesioner adalah sebagai alat pengumpulan data untuk mengetahui seberapa besar tanggapan responden terhadap penelitian yang kita lakukan, Cara membuat kuesioner biasanya melihat dari operasionalisasi variabel berdasarkan indikator yang akan dibahas pada penelitian.
Berikut akan dijelaskan mengenai cara pembuatan kuesioner berkaitan dengan Variabel penelitian
Kita ambil contoh kasus, misalkan kita sedang melakukan penelitian mengenai pengaruh Pendidikan dan Pelatihan yang disebut dengan (Variabel X), terhadap Kinerja kita anggap sebagai Variabel (Y), maka untuk Operasionalisasi Variabel nya kita buat seperti ini :
Sumber Gambar : www.liputan6.com |
Variabel
|
Sub
Variabel
|
Indikator
|
Skala
|
Pendidikan dan Pelatihan (X)
Iwan
Purwanto
(2002:70-72)
|
1. Proses Pembelajaran
2. Kemampuan Instruktur
3. Lingkungan Belajar
|
a. Tujuan
Pembelajaran,
b. Fasilitas
dan Sarana Pembelajaran,
c. Materi
Pembelajaran,
d. Metode
Pembelajaran,
e. Evaluasi
Pembelajran .
a. Pemahaman
tujuan pembelajran,
b. Penguasaan
materi pembelajaran,
c. Pemahaman
penggunaan media,
d. Perilaku
instruktur,
e. Penguasaan
metode pembelajaran,
f. Kemampuan
evaluasi.
a. Keteraturan
pelatihan,
b. Fasilitas
dan sarana pelatihan,
c. Keterampilan
yang diberikan,
d. Waktu
yang diberikan,
e. Hubungan
antara peserta dengan
instruktur,
f. Hubungan
antara peserta dengan peserta.
|
Ordinal
Ordinal
Ordinal
|
Kinerja (Y)
Menurut
PP No. 43 Tahun 1999
|
a. Kesetiaan
|
· Mempelajari
· Memahami
· Mengamalkan
|
Ordinal
|
b. Prestasi Kerja
|
· Kecakapan
· Keterampilan
· Pengalaman
· Kesungguhan
|
Ordinal
|
|
c. Tanggung jawab
|
· Kesanggupan
· Tepat waktu
· Berani memikul resiko
|
Ordinal
|
|
d. Ketaatan
|
· Kesanggupan
· Mentaati perintah kedinasan
|
Ordinal
|
|
e. Kejujuran
|
· Ketulusan
· Kesanggupan tidak menyalahgunakan wewenang
|
Ordinal
|
|
f. Kerjasama
|
· Kesanggupan bekerja sama
|
Ordinal
|
|
g. Prakarsa
|
· Mengambil keputusan
· Melaksanakan tugas pokok
|
Ordinal
|
|
h. Kepemimpinan
|
· Kemampuan untuk meyakini orang lain sehingga dapat dikerahkan
|
Ordinal
|
Maka untuk pembuatan kuesioner, kita buat format sebagai berikut untuk contoh kuesioner nya.
Contoh Kuesioner
Penelitian ini ditujukan untuk penyusunan skripsi yang merupakan syarat dalam meraih gelar Sarjana untuk jenjang studi S1. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap Kinerja Pegawai Pada PT ABC Kabupaten ABC.
Demi tercapainya tujuan penelitian ini, kami memohon kesediaan Bapak/Ibu/Saudara untuk membantu penelitian ini dengan memberikan jawaban pada item-item pertanyaan yang telah disediakan sesuai dengan keadaan sebenarnya. Cara pengisian jawaban adalah dengan member tanda √ pada jawaban yang sesuai dengan pengalaman responden. Adapun item jawaban yang tersedia adalah :
SS : Sangat Setuju
S : Setuju
KS : Kurang Setuju
TS : Tidak Setuju
STS : Sangat Tidak Setuju
Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bapak/Ibu/Saudara untuk membantu penelitian ini dan apabila ada sikap kami yang kurang berkenan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Bandung, ……………………
Peneliti
(____________________)
DAFTAR PERTANYAAN
I. Identitas Responden
Nomor Responden :
Jenis Kelamin :
Usia :
Pendidikan :
Lama Menjadi Pegawai :
Pangkat/Golongan :
II. Pengisian Kuesioner
Mohon diisi dengan memberi tanda √ jawaban yang sesuai dengan pengalaman anda
III. Pengisian Kuesioner
Mohon diisi dengan memberi tanda √ jawaban yang sesuai dengan pengalaman anda
Simbol
|
Kategori
|
Nilai/Bobot
|
SS
|
Sangat Setuju
|
5
|
S
|
Setuju
|
4
|
KS
|
Kurang Setuju
|
3
|
TS
|
Tidak Setuju
|
2
|
STS
|
Sangat Tidak Setuju
|
1
|
1. Pendidikan dan pelatihan/Diklat (X)
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
STS
|
1
|
Proses diklat
dilakukan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan organisasi
|
|||||
2
|
Fasilitas dan sarana diklat
telah sesuai dengan yang diharapakan oleh pegawai yang megnikuti diklat
|
|||||
3
|
Materi pembelajaran yang
diberikan oleh instruktur telah sesuai
dengan yang diharapkan oleh pegawai
|
|||||
4
|
Metode pembelajaran
diklat yang diberikan instruktur telah sesuai dengan yang diharapkan oleh
pegawai
|
|||||
5
|
Proses evaluasi
pembelajaran yang ditentukan instruktur telah sesuai dengan aturan diklat
yang diharapkan organisasi
|
|||||
6
|
Instruktur diklat wajib
memahami tujuan pembelajaran dalam diklat organisasi
|
|||||
7
|
Instruktur wajib
menguasai materi diklat yang diberikan pada pegawai yang mengikuti diklat
|
|||||
8
|
Proses diklat wajib didukung
dengan media yang dapat dipahami peserta diklat
|
|||||
9
|
Perilaku instruktur seharusnya
dapat menjadi panutan bagi peserta diklat
|
|||||
10
|
Dalam hal Penguasaan
metode pembelajaran diklat instruktur wajib menguasai metode pembelarajan
yang telah ditentukan
|
|||||
11
|
Instruktur harus
mempunyai kemampuan dalam melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang diberikan
|
|||||
12
|
Keteraturan pada
proses pelatihan harus menjadi pedoman dalam pembekalan diklat pegawai
|
|||||
13
|
Fasilitas dan sarana
pelatihan diklat harus memadai bagi peserta diklat
|
|||||
14
|
Keterampilan yang
diberikan harus sesuai dengan anjuran dari organisasi
|
|||||
15
|
Waktu yang diberikan
harus sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan
|
2. Kinerja (Y)
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
STS
|
1
|
Pegawai dapat
mempelajari tugas yang diberikan organisasi
|
|||||
2
|
Pegawai dapat memahami
tugas dan fungsi yang diberikan organisasi
|
|||||
3
|
Pegawai dapat
mengamalkan ilmu yang diberikan kepada pegawai lain
|
|||||
4
|
Pegawai mempunyai
keterampilan dalam mengerjakan tugas
|
|||||
5
|
Pegawai mempunyai
pengalaman yang cukup dalam mengerjakan tugas
|
|||||
6
|
Pegawai mempunyai kesungguhan
dalam mengerjakan tugas
|
|||||
7
|
Tepat waktu dalam
mengerjakan tugas yang diberikan organisasi
|
|||||
8
|
Pegawai harus berani
menanggung resiko pekerjaan yang diemban
|
|||||
9
|
Pegawai harus sanggup
mengerjakan tugas apapun yang diberikan organisasi
|
|||||
10
|
pegawai wajib mentaati
peraturan kedinasan
|
|||||
11
|
pegawai wajib untuk
tidak menyalahgunakan wewenang
|
|||||
12
|
Pegawai harus
bekerjasama dengan pegawai yang lain
|
|||||
13
|
pegawai harus berani
mengambil resiko pekerjaan
|
|||||
14
|
Pegawai wajib
melaksanakan tupoksi dari organisasi
|
|||||
15
|
Pegawai harus dapat
meyakinkan orang lain supaya dapat menghasilkan kinerja yang baik
|
Untuk jumlah pertanyaan silakan disesuaikan dengan penelitian yang akan dilakukan
Demikian contoh pembuatan Kuesioner dalam penelitian, semoga bermanfaat.
Jika anda membutuhkan jasa perhitungan dari kami silakan kunjungi form berikut Form Order
Atau kunjungi Facebook Yopi Hidayatul Akbar
Jika anda membutuhkan jasa perhitungan dari kami silakan kunjungi form berikut Form Order
Atau kunjungi Facebook Yopi Hidayatul Akbar
Post a Comment
0Comments